Sejarah PIALA DUNIA, Turnamen Olahraga Terbesar Se-Jagat Raya

M.Sport – Tidak terasa Pagelaran Piala Dunia 2018 sudah semakin dekat, Negara Rusia  yang di tunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Turnamen akbar pada 2018 tersebut pun sudah menyatakan kesiapan mereka sampai dengan 95% untuk memulai kick off pada bulan juni 2018 nanti. Buat kalian yang belum tahu apa itu Piala Dunia MajalahSport akan memberikan beberapa informasi tentang penjelasan sejarah turnamen Piala Dunia.

Piala Dunia Merupakan ajang turnamen Sepakbola akbar 4 tahunan, Piala Dunia merupakan turnament yang paling di nanti nantikan oleh seluruh masyarakat dunia. Penyelenggaraan pertama kali di lakukan pada tahun 1930 dan terus berlangsung sampai sekarang. Tim Nasional terbaik dari seluruh negara di dunia akan berjuang untuk memperebutkan Piala Berlapis emas tersebut.

Di karenakan oleh kesuksesan turnamen sepak bola pada ajang Olimpiade, FIFA, yang dipimpin oleh Presiden Jules Rimet, mulai mencari kesempatan untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional yang terpisah dari Olimpiade. Pada 28 Mei 1928, Kongres FIFA di Amsterdam memutuskan akan menggelar kejuaraan dunia sendiri. Karena Uruguay adalah pemegang dua kali gelar kejuaraan sepak bola dunia pada saat itu, dan juga dalam rangka memperingati seratus tahun kemerdekaan mereka pada tahun 1930, Uruguay pun akhirnya terpilih sebagai tuan rumah pertama dalam ajang turnament tersebut.

Kepopuleran Piala Dunia sebagai ajang olahraga tahunan bahkan mengalahkan popularitas Olimpiade yang merupakan ajang olahraga terbesar di dunia. Perkiraan dalam beberapa survei yang menyaksikan Piala dunia sebanyak 715,1 juta orang di seluruh dunia pada piala dunia 2006 yang di selenggarakan di Jerman, dan rekor tersebut jauh melampaui Olimpiade.

Ajang Piala Dunia sendiri sudah di mainkan sebanyak 19 kali dan Brasil keluar sebagai pemenang terbanyak dalam kompetisi ini dengan 5 kali juara. Italia dan Jerman dengan empat gelar juara Argentina dan Uruguay dengan dua gelar juara; serta Inggris, Perancis, dan Spanyol dengan satu gelar juara masing-masingnya.

Peserta negara terus berubah dari tahun ke tahun Piala Dunia Pertama tahun 1930 Di ikuti oleh 13 tim saja, dan sejak tahun 1934 sampai dengan 1978 di ikuti oleh 16 tim kecuali 1938 dimana saat itu Jerman Nazi bergabung dengan austria, peserta pun menjadi 15 tim saja, dan juga pada tahun 1950 3 tim mengundurkan diri dari ajang piala dunia yakni India, Turkey dan Skonlandia, turnament tersebut pun hanya memainkan 13 tim saja .

Eropa dan Amerika Selatan Merupakan 2 wilayah yang paling banyak mengirimkan negara peserta dalam Piala Dunia, dan sebagian kecil dari Amerika Utara, Afrika, Asia, dan Oseania. Peserta turnamen ditambah menjadi 24 tim pada tahun 1982 dan kemudian ditambah lagi menjadi 32 tim pada 1998, yang sekaligus memungkinkan lebih banyak tim dari Afrika, Asia, dan Amerika Utara untuk ikut berpartisipasi.

Pada Piala Dunia 2002 Lonjakan peserta Piala Dunia mengalami lonjakan luar biasa, dimana 200 negara mengikuti kualifikasi Untuk Piala Dunia 2002. dan 198 negara bersaing untuk lolos ke Piala Dunia FIFA 2006. Rekor terbanyak dipecahkan saat 204 negara mengikuti kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010.

Bagaimana Luar biasa kan turnamen sepakbola terbesar se-jagat raya ini, di artikel Majalahsport.com selanjutnya kita akan lebih banyak mengupas mengenai sejarah-sejarah sepak bola terutama ajang PIALA DUNIA 2018 yang akan bergulir kurang dari 1 tahun lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *