Juli 1, 2022

MajalahSport.com

Situs Berita Bola, Prediksi dan Olahraga Terlengkap

Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia Usai Kalah

4 min read

Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia Usai Kalah dari Yordania

Majalahsport.com – Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Yordania pada laga kedua di Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu 12 Juni 2022. Bagaimanakah peluang kita untuk lolos ke putaran utama?

Usai menang 2-1 atas tuan rumah Kuwait pada laga pertama, kali ini Indonesia dipaksa menelan kekalahan. Gol tunggal Yordania ke gawang Indonesia dicetak oleh Yazan Al-Naimat. Gol itu lahir pada menit 48.

Kekalahan ini memang tidak membuat posisi Timnas Indonesia tergeser. Namun, Skuad Garuda ditempel ketat oleh tuan rumah Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait. Kuwait menang 4-1 atas Nepal.

Timnas Indonesia tetap bertahan di peringkat kedua dengan tiga poin dari dua partai, unggul head to head dengan Kuwait dengan nilai yang sama di posisi ketiga.

Tiga poin Skuad Garuda didapatkan berkat kemenangan atas Kuwait 2-1 dalam pertandingan pertama Grup A pada 8 Juni 2022.

Puncak klasemen Grup A masih dikuasai oleh Yordania yang masih sempurna dengan perolehan enam poin setelah mengalahkan Nepal 2-1 dan Timnas Indonesia 1-0.

Dari 24 Tim, Hanya 11 yang Lolos

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 diikuti oleh 24 tim yang dibagi ke enam grup. Masing-masing grup diisi empat negara.

Sebanyak 24 tim itu akan bersaing untuk memperebutkan 11 tiket menuju Piala Asia tahun depan.

Bagaimana pembagiannya? Setiap juara Grup A-F yang berjumlah enam tim plus lima runner-up terbaik berhak untuk melenggang ke putaran final.

Ke-11 tim itu, nantinya bakal menyusul 13 tim yang telah lebih dulu melaju ke Piala Asia 2023 semodel Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, hingga Vietnam.

Negara-negara yang sudah menyegel tiket di Piala Asia 2023 itu lolos melalui jalur Putaran Kedua Kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai delapan juara grup dan lima runner-up terbaik.

Hitung-hitungan Peluang

Timnas Indonesia masih bisa lolos ke Piala Asia 2022 dengan cara menjadi lima runner-up terbaik dari enam grup yang ada.

Setelah menang atas Kuwait dan kalah dari Yordania, Timnas Indonesia telah ditunggu Nepal pada 14 Juni 2022 di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Di atas kertas, kualitas Timnas Indonesia masih di atas Nepal.

Berkaca dari ranking FIFA, Skuad Garuda berada di peringkat ke-159, sementara Yordania Nepal ke-168.

Namun, hasil sepak bola bukan ditentukan di ranking FIFA, melainkan di atas lapangan.

Kuwait punya ranking FIFA yang lebih tinggi daripada Timnas Indonesia, ke-146, namun tuan rumah dipaksa bertekuk lutut di hadapan Skuad Garuda.

Jika menang atas Nepal, Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Asia 2023 dengan estimasi Yordania mengalahkan Kuwait.

Timnas Indonesia akan mempunyai enam poin dan tinggal bersaing dengan enam runner-up Grup lainnya di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 untuk memperebutkan lima tiket ke putaran final.

Andai Timnas Indonesia menang atas Nepal dan Kuwait membekuk Yordania, maka ketiga tim ini bakal sama-sama menorehkan enam poin.

Lantas, bagaimana menentukan posisi ketiganya di klasemen akhir Grup A?

Regulasi Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Regulasi Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 memakai sepuluh kriteria untuk menentukan posisi di klasemen sementara maupun akhir.

Poin dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin yang sama.
Selisih gol dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin yang sama.
Gol yang dicetak dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin yang sama.
Gol tandang dicetak dalam pertandingan head-to-head di antara tim dengan poin yang sama.
Jika lebih dari dua tim punya poin yang sama, dan setelah menerapkan kriteria 1 hingga 4 masih sama, kriteria 1 hingga 4 diterapkan kembali khusus untuk tim-tim ini.
Selisih gol di semua pertandingan grup.
Gol yang dicetak di semua pertandingan grup.
Adu penalti jika hanya dua tim yang punya poin yang sama dan mereka bertemu di partai terakhir penyisihan grup.
Poin disiplin (kartu kuning = 1 poin, kartu merah akibat dua kartu kuning = 3 poin, kartu merah langsung = 3 poin, kartu kuning diikuti kartu merah langsung = 4 poin)
Drawing

Klasemen kecil perlu dibuat antara Timnas Indonesia, Yordania, dan Kuwait jika ketiga tim ini mempunyai poin yang sama di klasemen akhir Grup A.

Kriteria pertama dalam perhitungannya adalah selisih gol antara ketiganya. Jika masih sama, maka penentuannya dapat memakai regulasi nomor tiga hingga kesepuluh.

Persik Kediri Jungkalkan Persikabo 1973, Javier Roca Bahagia

Apakah 6 Poin Sudah Cukup untuk Lolos ke Piala Asia 2023?

Timnas Indonesia sudah 15 tahun absen di Piala Asia. Partisipasi terakhir Skuad Garuda ialah pada 2007 ketika menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Umumnya dalam suatu turnamen yang meloloskan runner-up terbaik, perolehan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan sekali seri sudah bisa mengantar suatu tim untuk melenggang ke babak berikutnya.

Raihan enam angka hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah sebenarnya juga terbilang aman, asalkan dapat mengamankan selisih gol sebanyak mungkin agar bisa menang bersaing dengan runner-up lainnya.

Situasi saat ini cukup berbahaya buat Timnas Indonesia. Skuad Garuda berada di paling bawah dalam pemeringkatan runner-up terbaik.

Lima tim peringkat kedua sementara dengan peluang terbesar melangkah ke Piala Asia 2022 adalah Thailand dengan enam poin, Kirgistan enam poin, India enam poin, Filipina enam poin, dan Malaysia enam poin.

Sementara Timnas Indonesia berada di posisi keenam pemeringkatan runner-up terbaik dengan tiga poin.

Peringkat Sementara Runner-up Terbaik

Thailand 6 Poin (Lolos)
Kirgistan 6 Poin (Lolos)
India 6 Poin (Lolos)
Filipina 4 Poin (Lolos)
Malaysia 3 Poin (Lolos)
Timnas Indonesia 3 Poin (Tidak Lolos).
Tim yang Telah Lolos ke Piala Asia 2023
Jepang
Suriah
Qatar
Korea Selatan
Australia
Iran
Arab Saudi
Uni Emirat Arab
China
Irak
Oman
Vietnam
Lebanon.

8 Juni 2022

Kuwait 1-2 Timnas Indonesia.

12 Juni 2022

Timnas Indonesia 0-1 Yordania.

15 Juni 2022

Timnas Indonesia vs Nepal
Kick-off 02.15 WIB
Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City
Live Indosiar dan Vidio.

Sumber : bola.net